PDAM Seharusnya Produk Airnya Langsung Dapat Diminum

Kapanlagi.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebenarnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan biaya yang tidak terlalu besar, sepanjang dapat membenahi manajemennya.

"Sepanjang memiliki kemauan maka kualitas dapat ditingkatkan, bahkan air yang dihasilkan dapat langsung dikonsumsi (diminum) dengan biaya yang tidak mahal," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Pengembangan Investasi Departemen Pekerjaan Umum, Djoko Rismianto di Jakarta, Kamis (7/4).

Menurutnya, sistem yang dimiliki PDAM saat ini dapat ditingkatkan (upgrade) melalui perbaikan sistem sesuai yang ditetapkan dalam Standar Operasi Prosedur (SOP). Apabila langkah tersebut diikuti sebenarnya kualitas dapat ditingkatkan.

PDAM sudah saatnya mulai melaksanakan hal itu karena sesuai Peraturan Pemerintah No. 16 tahun 2005 mengharuskan pada tahun 2008 sistem yang dimiliki PDAM saat ini harus dapat langsung dikonsumsi (diminum). Untuk menunju ke arah itu maka tahap awal manajemen di PDAM harus diperbaiki terlebih dahulu.

Teknologi Instalasi Pengolahan Air (IPA) sampai layak dikonsumsi sebenarnya tidak terlalu mahal proyek percontohan telah diterapkan di ITB dengan nilai investasi sekitar Rp250 juta dengan kapasitas 1 liter per detik menggunakan pipa berbahan 'stainless steel'.

Biaya yang dibutuhkan tidak mahal, tetapi kualitasnya dapat diibaratkan dengan jam merek Rolex. Teknologi yang diterapkan di ITB menggunakan sistem yang paling mutakhir, namun seiring dengan perkembangan teknologi ini nantinya juga akan semakin murah.

Djoko mengatakan, kualitas air minum yang dihasilkan bahkan lebih bagus dari air mineral karena disamping menggunakan 'Ultra Filter' juga air telah disinari dengan 'Ultra Violet' serta ditambahkan Ozon sehingga air mengandung oksigen (O2).

Sebagai sosialisasi sebaiknya teknologi ini ditempatkan di lokasi-lokasi tertentu terlebih dahulu seperti kampus, tempat wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kebun Binatang, dan tempat lainnya yang banyak dikunjungi masyarakat.

Menurutnya, apabila ada kemauan beberapa PDAM sudah dapat menerapkan teknologi tersebut, mulai dari tahap penyaringan (filter), sementara untuk instalasi di rumah-rumah disiapkan peralatan ultra violet sehingga nantinya air menjadi layak untuk dikonsumsi. (*/dar)