PDAM Rencanakan Bangun IPA Situ Bulakan

Guna menambah dan perbaikan pelayanan air bersih di Kota Tangerang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng saat ini tengah melakukan kajian Fasibilitis Studies (FS) terhadap rencana pembangunan Intalasi Pengelolaan Air (IPA) di Situ Bulakan yang berlokasi di Kelurahan Priuk,Kecamatan Priuk Kota Tangerang.

Hal ini diungkapkan Direktur PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Ahmad Marju Qodri kepada penulis, Selasa (19/4) pagi. Ia menyatakan bahwa perencanaan pembangunan IPA Situ Bulakan merupakan target pelayanan PDAM Tirta Benteng kedepan, pasalnya beberapa Kecamatan diwilayah tersebut belum tersaluri aliran air bersih dari PDAM Tirta Benteng.

"Ini jadi target pelayanan kedepan, apalagi Pemkot Tangerang telah berkomitmen akan memberikan pelayanan air bersih bagi seluruh warganya. Saat ini perencanaan itu tengah dikaji dalam FS, semoga saja segera rampung sehingga dapat segera direalisasikan dan manfaatnya dirasakan warga Kota Tangerang," ujar Direktur PDAM Tirta Benteng.

Wilayah dikawasan Kecamatan Priuk yang belum terlayani oleh PDAM Tirta Benteng diantaranya adalah Priuk, Jati Uwung dan Cibodas. Saat ini diakui Qodri bahwa FS tengah dikaji oleh Perencana teknis PDAM Tirta Banteng bersama dengan Dinas PU pengairan.

Hal senada juga diungkapkan Humas PDAM Tirta Benteng, Ichsan Sodikin dikantornya. Ia mengatakan bahwa FS ini sudah mulai dibahas pada awal April 2011, sehingga dimungkinkan bila tidak ada hambatan, pengerjaan IPA Situ Bulakan dapat dilakukan pada tahun ini juga dengan menggunakan anggaran Penyertaan Modal Pemerintah (PNP) yang beberapa waktu lalu diketuk palu oleh DPRD Kota Tangerang.

"Saat ini masih dihitung berapa besar Situ Bulakan dapat menampung, bila kapasitasnya kita samakan dengan Situ Cipondoh bisa sampai 50 liter perdetik, maka diperkirakan sekitar 5400 sambungan dapat terlayani," katanya sambil mengatakan Situ Bulakan mempunyai luas sekitar 30 Hektar (300.000 m2).

Apabila rencana pembangunan ini terealisasi dengan baik maka beberapa perumahan yang akan dilalui sambungan PDAM Tirta Benteng adalah Vila Mutiara Pluit, Villa Tomang Baru, Villa Grand Tomang, Villa Regensi 1-2, Total Persada, Vila Tangerang Indah, Wisma Harapan, Permata Tangerang dan perumahan-perumahan yang ada di Kutabumi.

Peta Situ Bulakan